LARIK (ARRAY)

Posted: 14 April 2011 in Algoritma Pemrograman

Larik adalah tipe terstruktur yang terdiri dari sejumlah elemen-elemen yang bertipe sama. Banyaknya elemen dalam suatu larik ditunjukkan oleh suatu indeks yang harus merupakan tipe data yang menyatakan keterurutan, misalnya integer atau karakter (karena ia menyatakan posisi data). Tiap-tiap elemen di larik dapat diakses langsung melalui indeksnya. Suatu larik memiliki jumlah elemen yang jumlahnya tetap, sehingga jumlah elemen larik tidak dapat diubah selama pelaksanaan program. Di bawah ini memperlihatkan struktur deklarasi Larik di dalam Bahasa Pascal.

(* DEKLARASI *)

var

NamaLarik : array[1..JumlahELemen] of TipeElemen;

Cara mengacu elemen larik : NamaLarik[indeks]

Larik dapat berupa larik satu dimensi ataupun lebih dari satu dimensi. Matriks merupakan contoh larik yang memiliki dimensi lebih dari satu. Struktur penyimpanan matriks di dalam memori utama yang setiap individu elemennya diakses dengan menggunakan dua buah indeks (yang biasanya dikonotasikan dengan baris dan kolom). Karena matriks sebenarnya adalah larik, konsep umum dari larik juga berlaku untuk matriks, yaitu:

  • Kumpulan elemen yang bertipe sama, dapat dapat berupa tipe dasar (integer, real, boolean, char, dan string), atau tipe terstruktur seperti record.
  • Setiap elemen data dapat diakses secara langsung jika indeksnya (baris dan kolom) diketahui.
  • Merupakan struktur data yang statik, artinya jumlah elemennya sudah dideklarasikan terlebih dahulu di dalam bagian DEKLARASI dan tidak bisa diubah selama pelaksanaan program

Elemen matriks diakses melalui indeks baris dan indeks kolomnya. Jika indeks baris dinyatakan dengan i dan indeks kolom dinyatakan dengan j, maka notasi algoritmik untuk mengakses elemen pada baris i dan kolom j adalah nama_matriks[i,j]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s