AFFILIATE MARKETING

Posted: 14 April 2011 in E-Bussiness and E-Commerce
  • Mengapa e-Bisnis Harus Membangun Strategi Pemasaran Afiliasi

Ini merupakan trend, sebagaimana yg disebutkan oleh Forrester Research bahwa tahun 2005, penjualan yang diperoleh dari afiliasi atau agen-agen penjualan online diprediksi akan meningkat hingga 21% dari seluruh penjualan online. Secara hakiki, pemasaran afiliasi (affiliate marketing) adalah strategi e-Bisnis yang harus segera diterapkan bagi perusahaan manapun yang sudah ekpansi ke Internet, maupun untuk kategori produk apa pun yang dijual via internet.

Konsep pemasaran afiliasi ini mirip dengan membangun distribusi penjualan lewat dealer maupun reseller, di mana perusahaan Anda akan memberikan komisi yang sudah ditetap kepada para agen penjualan Anda (afiliasi) dan harga produk tidak bisa dilakukan mark-up, karena penjualan dilakukan bukan di situs web milik afiliasi namun di situs web pemilik afiliasi.

Dalam hal ini, biaya pengiklan menjadi hemat, mengapa? Karena situs-situs web milik afiliasi yang melakukan promosi, dan Anda hanya membayar ke mereka kalau terjadi penjualan di situs web Anda, yang diarahkan oleh situs web milik afiliasi. Karena mulut orang lebih tajam dari mulut sendiri, maka promosi yang dilakukan oleh afiliasi memberikan kekuatan promosi tersendiri.

Contohnya:
Pengunjung masuk situs korporat Anda kemudian sign up sebagai afiliasi baru kemudian mendapatkan ID atau user nama dan bahan-bahan marketing termasuk code-nya. Kemudian dengan ID dan password, ia bisa masuk ke administration page, dan melihat account-nya di situ, kemudian ia bisa memanfaatkan semua materi promosi yang tersedia di sana yaitu bermacam-macam banner, codenya dan surat penjualan singkat.

  • Manfaat dari Pemasaran Afiliasi

>> Promosi Tanpa Resiko

Dengan pemasaran afiliasi – Anda hanya membayar hasilnya. Anda tidak harus membayar karena harus pasang iklan di suatu situs web: Hasilnya yang Anda bayar. Anda bisa menentukan apa yang akan Anda bayar entah itu — penjualan, email dari prospek, download dari situs web Anda, pelanggan ezine Anda, atau aktivitas online lainnya yang dapat dilacak.

>> Jaringan Publisitas yang Hebat dan Efektif

Dengan strategi pemasaran afiliasi, Anda membangun jaringan berbagai situs web, ezine dan email yang akan melakukan promosi “brand” Anda. Sebab masing-masing afiliasi akan meletakkan kode afiliasinya di situs mereka atau di ezine atau di email dan membalikkannya ke situs web Anda. Jadi tiap-tiap afiliasi baru dapat menambahkan begitu banyaknya calon pembeli yang berkualitas dan segmented sebagai bagian dari database prospek Anda.

>> Promosi yg Efisien dan Terjangkau

Dibandingkan dengan model pemasaran online lainnya, pemasaran afiliasi sangat efisien dan menguntungkan. Anda tanpa harus mengeluarkan biaya sedikit pun, karena itu dilakukan oleh afiliasi Anda. Tidak ada bentuk pemasaran lain yang tidak mengeluarkan biaya untuk menghasilkan uang kecuali yang satu ini!

>> Promosi Jangka Panjang

Tidak seperti halnya iklan banner yang harus Anda bayar sebelum memasangnya, atau iklan di ezine dan iklan di dunia cetak. Pemasaran Afiliasi tidak memerlukan biaya, namun disetujui dan diminta oleh mereka yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan.

Karena itu mereka akan tetap mengizinkan banner Anda entah berupa teks atau gambar tetap dipasang dan dipromosikan oleh mereka.

>> Kepercayaan dan Hubungan Bisnis

Setiap orang sadar dan tahu bahwa mengembangkan hubungan adalah kunci keberhasilan dari segala bentuk konsep pemasaran. Pemasaran Afiliasi dapat memupuk hubungan bisnis jangka panjang dan menguntungkan baik dengan afiliasi maupun dengan pelanggan.

  • Internet Bagi Usaha Kecil & Menengah

Pada masa krisis ekonomi pada saat ini, dunia usaha tampak cukup goncang dengan perubahan yang cukup drastis dari nilai tukar Rupiah terhadap mata uang asing. Tampaknya usaha-usaha kecil, menengah, agribisnis yang lebih tahan terhadap perubahan nilai tukar Rupiah ini, kemungkinan karena kemampuan usaha tersebut utk memproduksi jasa / barang / produk lainnya tanpa terlalu tergantung pada produk asing.

Melihat potensi yang ada pada usaha kecil & menengah utk dapat survive dalam krisis moneter ini, tampaknya ada beberapa usaha utk membantu bidang usaha tersebut untuk lebih effisien lagi dibantu dengan Teknologi Informasi. Pada kesempatan ini, saya akan mencoba me-review beberapa usaha yang sedang diusahakan untuk berjalan, yaitu:

  • Canada Indonesia Technology Network (CITN)
  • Trade Point (Departemen Industri & Perdagangan – INDAG)
  • Gerombolan Wong-cilik@isnet.itb.ac.id

Gerombolan Wong Cilik – berawal dari hasil ngobrol beberapa mahasiswa ITB yang tergabung dalam Pusat Teknologi Tepat Guna (Pustena) Masjid Salman ITB dalam rangka membantu pesantren & madrasah. Seluruh kegiatan dilakukan secara swadana / swadaya masyarakat & bertumpu pada orang-orang yang sangat berdedikasi didalamnya. Ide awal para mahasiswa ini (seperti Arief, Soni dll) adalah berusaha membangun jaringan antar pesantren & madrasah. Akhirnya berkembang menjadi usaha memenuhi penyaluran hasil bumi & mendukung usaha yang dihasilkan para santri / pesantren melalui yayasan-yayasan pesantren tersebut. Kegiatan ini antara lain didukung oleh Pusat Dakwah Islam (PUSDAI) di Jawa Barat yang melibatkan sekitar 200-an pesantren di Jawa Barat yang salah satunya  jaringan pesantren besar seperti Pesantren Hidayatullah. Pada Mailing list wong-cilik@isnet.itb.ac.id dibangun utk memfasilitasi tempat berdiskusi bagi para aktor pembangunan pesantren ini satu dengan lainnya. Selama ini proses diskusi dilakukan melalui telepon & FAX yang menyebabkan biayanya cukup tinggi. Bagi pesantren-pesantren di daerah teknologi packet radio diusahakan digunakan karena biayanya yang relatif rendah dibandingkan dengan menyewa leased line / interlokal di Bandung. Teknologi tersebut sebagian dapat dilihat di http://xxx.itb.ac.id/~yc1dav/ . Mailing list ini merupakan salah satu mailing list yang cukup aktif diantara berbagai mailing list yang berorientasi pada bantuan bagi usaha kecil & menengah.

Canada Indonesia Technology Network (CITN) – dari namanya kita dapat memperkirakan bahwa kegiatan ini merupakan sebuah usaha yang melibatkan kerjasama Indonesia-Canada. Memang betul, kegiatan ini merupakan inisiatif National Research Council (NRC) Canada utk menjembatani usaha kecil & menengah di Indonesia kepada dunia ilmu pengetahuan & teknologi agar lebih kompetitif dalam era globalisasi. Secara teori, diharapkan CITN dapat membangun berbagai database & jaringan komunikasi antara masyarakat-masyarakat ilmu pengetahuan & teknologi (yang ada di dunia pendidikan, dunia penelitian seperti LIPI & BPPT) dengan masyarakat di dunia usaha kecil & menengah. Karena kita tahu bahwa dunia usaha kecil & menengah kemungkinan besar sekali tidak dapat mengakses jaringan Internet, maka harus dilakukan interfacing melalui berbagai Lembaga Swadaya Masyarakat maupun Konsultan Pembangunan yang mendampingi usaha kecil & menengah tersebut.

CITN bermarkas di BPPT karena kerjasama antara NRC Canada dilakukan dengan Menristek. Pimpinan dilakukan oleh Dharma Setiawan (citnjkt@ibm.net) dalam mengkoordinasi kegiatan CITN ini.

Secara praktis, usaha utk membangun masyarakat dunia pendidikan dan penelitian dicoba diusahakan melalui beberapa mailing list, seperti:

  • Citn@itb.ac.id – diharapkan merupakan tempat diskusi umum & terbuka dari CITN & dapat di subscribe secara cuma-cuma melalui majordomo@itb.ac.id. Akan tetapi tampaknya masih belum banyak masyarakat yang mengetahui hal ini, sehingga akhirnya mailing list tersebut kurang aktif. Sebetulnya hal ini tidak terlalu bermasalah karena saat ini sudah banyak mailing list di Indonesia yang berkaitan dengan dunia pendidikan, seperti, indonesia-panel@itb.ac.id, ai3@itb.ac.id, sysop-l@itb.ac.id maupun database server yang berkaitan dengan dunia pendidikan, seperti, http://www.lib.itb.ac.id/ .
  • Citn-core@itb.ac.id – merupakan tempat berdiskusinya pada aktifis Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang diharapkan dapat menjadi interface / lembaga pendamping dunia usaha kecil & menengah dengan dunia teknologi informasi / Internet. Para LSM ini dari beberapa lembaga yang cukup aktif utk membantu usaha kecil & menengah, seperti, Yayasan Mandiri, PUPUK, Telebiro dll. Mailing list ini cukup aktif.
  • Citn-ctn@itb.ac.id – merupakan mailing list tempat berdiskusi steering committee CITN di Indonesia dengan Steering Committee Canada Technology Network (CTN) di Canada. Disini interaksi dilakukan jika kita membutuhkan bantuan dari sisi teknologi yang tidak dapat ditangani oleh Indonesia. Sifat mailing list tertutup bagi umum.

Trade Point – merupakan inisiatif yang dimotori oleh PBB (United Nation) utk membantu usaha kecil & menengah. Teknologi Electronic Data Interchange (EDI) digunakan dalam proses transaksinya. Karena EDI merupakan teknologi pertukaran message yang relatif low bandwidth, maka sebetulnya EDI ini menarik karena dapat menekan biaya transaksi secara keseluruhkan. Yang lebih menarik lagi, sebagian besar teknologi Trade Point dapat diperoleh secara hampir cuma-cuma dari rekan-rekan PUSDATA DEPRINDAG. Di Indonesia, Trade Point dicoba utk diaktifkan oleh rekan-rekan dari PUSDATA DEPRINDAG yang dimotori oleh Pak Putu@dprin.go.id, saat ini masih belum banyak rekan-rekan di Indonesia yang aktif menggunakan Trade Point tersebut. Web Trade Point Indonesia adalah di http://www.trade-point.or.id/ mudah-mudahan bisa menggugah rekan-rekan pembaca utk aktif.

Dari sekian banyak pengalaman di lapangan dalam usaha memberdayakan usaha kecil & menengah, yang menarik utk disimak bahwa:

  • Usaha yang sifatnya proyek top-down dari pemerintah atau lembaga donor sering kali gagal dalam mensustain kegiatannya setelah dana habis. Rasa memiliki anggotanya umumnya sangat kurang.
  • Usaha yang sifatnya inisiatif bottom-up, seperti wong-cilik@isnet.itb.ac.id, tampak bahwa keberhasilannya lebih nyata bahwa dapat menggulirkan roda usaha yang lebih jelas bagi usaha kecil & menengah. Rasa memiliki anggota-nya umumnya sangat kental.
Komentar
  1. rachfinamina mengatakan:

    Ada program membantu memasarkan produk UKM yang dipadukan dengan bisnis jaringan dan e-commerce. Tindakan nyata akan begitu terasa. untuk bergabung hanya Rp.50.000,-. http://ukmbersama.blogspot.com/2011/04/mitra-ukm_18.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s